Social Icons

Upacara Bendera Mengiringi HUT RI Ke-63

Vol. 6/September 2008/Hal. 3

Upacara Bendera Mengiringi HUT RI Ke-63

KEMERDEKAAN RI Ke-63 dirayakan secara khidmat oleh DPP PDI Perjuangan berupa Upacara bendera di depan lapangan parkir halaman sekretariat DPP PDI Perjuangan. Acara yang diselenggarakan tepat Jam.10.00 WIB berlangsung cukup khusyuk, diiukuti oleh segenap jajaran partai, diantaranya DPD PDI Perjuangan, DPC PDI Perjuangan, PAC PDI Perjuangan, Ranting PDI Perjuangan, Sayap Partai, Fraksi PDI Perjuangan, bahkan masyarakat setempatpun ikut berpartisipasi, yaitu diwakili oleh RT, RW, Dekel dan tokoh masyarakat setempat.

Upacara bendera dipimpin oleh instruktur upacara yaitu Sekjen DPP PDI Perjuangan, Pramono Anung Wibowo, sedangkan Ketua DEPERPU, HM Taufik Kiemas membacakan Pancasila, disusul oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo membacakan Pembukaan UUD 1945, diakhiri oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Adang Ruchiatna. Pengibaran bendera dilakukan oleh pasukan pengibar bendera dari Bekasi, disertai oleh group paduan suara dari Taruna Merah Putih.

Dalam arahannya, instruktur upacara menekankan akan hal sejarah perjuangan bangsa yang telah menempatkan Indonesia sebagai kesatuan. Serta ditambahkan tentang keprihatinan kondisi bangsa akhir-akhir ini, mulai dari kebijakan pemerintah yang tidak dapat menahan laju kenaikan harga-harga kebutuhan pokok sampai ruwetnya tata kelola pemerintahan. Selanjutnya ketua panitia, Maruarar Sirait menyampaikan sambutannya sebagai panitia pelaksana sekaligus mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak.

Usai upacara bendera, acara dilanjutkan dengan aneka perlombaan yang melibatkan warga sekitar. Beberapa perlombaan diantaranya, lomba panjat pinang, tarik tambang, catur, menggambar katagori anak-anak, menyanyi, dan masih banyak lagi jenis perlombaan lainnya. Di saat perlombaan berlangsung, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Hj Megawati Soekarnoputri berkunjung menghadiri para peserta perlombaan.

Meskipun acara upacara bendera dan peringatan HUT RI ke-63 berlangsung ditengah proses penetapan Daftar Calon Sementara anggota legislatif, namun suasana tetap kondusif dan kemeriahan acara tetap antusias diikuti oleh para undangan yang hadir di lokasi. Misalnya rombongan DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur bersemangat mendukung tim tarik tambang dan panjat pinang, alhasil tim panjat pinang dari Jakarta Timur yang berintikan anggota Satgas PDI Perjuangan Jakarta Timur mampu mengalahkan tim dari Jakarta Barat untuk memenangkan perlombaan.

Tidak kalah serunya pada saat lomba suami joget istri, para warga masyarakat yang ada di lokasi berkumpul semua untuk menonton jenis perlombaan yang memanglah belum pernah dilombakan. Apalagi panitia mensyarakatkan sebelum digendong dan adu lari, sang suami terlibeh dahulu merayu istrinya di depan warga. Tentunya suasananya menjadi riuh riah, berulang kali pembaca acara memberikan semangat tak henti-hentinya.

Acara diakhiri sore harinya oleh panitia, diantaranya tampak dari Repdem, Aji Kusuma, dari Taruna Merah Putih, Yuke Yurike, serta beberapa Ketua DPC PDI Perjuangan, diantaranya WA William Yani dari Jakarta Timur. (Red)

Tidak ada komentar :