Social Icons

Pembentukan Watak Ideologis Warga PDI Perjuangan

BERITA PENDIDIKAN POLITIK

PANJI OPOSISI

Vol. 5/Agustus 2008/Hal.7

Pembentukan Watak Ideologis Warga PDI Perjuangan

(Moch Arif Makruf/ arifmakruf @Telkom.net)

PEMBENTUKAN watak Idelogis yang Rasional warga PDI Perjuangan harus tertanam sedini mungkin, hal ini menjadi kebutuhan yang sangat mendesak mengingat PDI Perjuangan adalah sebuah partai yang berbasiskan massa. Walaupun sementara waktu, ikatan tersebut dapat dipersatukan dengan Ikatan Emosional melalui figur Hj Megawati Soekarno Putri. Sedangkan untuk massa yang akan datang sudah sepatutnya pendekatan rasional ideologis ditanamkan.

Keterbukaan partai agama yang ingin melepaskan ikatan emosional merupakan tantangan terhadap PDI Perjuangan untuk mempercepat perubahan watak Ideologinya. Perubahan watak partai keagamaan bukanlah suatu kerugian tetapi merupakan suatu keuntungan jika PDI Perjuangan telah siap. Mengingat sistem perwakilan dalam pemilihan umum, sangatlah penting menjaring kader-kader di legislatif secara teliti.

Sebab babak selanjutnya setelah pemilu berakhir, maka yang mengambil peranan sangat besar adalah anggota-anggota yang duduk di lembaga Legislatif. Menjaring kader bukanlah selalu dihubungkan dengan sumber daya manusia, yang selalu dikeluhkan banyak orang mengenai rendahnya tingkat pendidikan, prioritas utama adalah disiplin organisasi yang kokoh dan persamaan Idelogis.

Pembentukkan sebuah pendekatan rasional Ideologis dapat meningkatkan sumber daya manusia warga PDI Perjuangan. Kepuasan bagi warga PDI Perjuangan dalam memenangkan pemilu harus menjadi pandangan tentang apa yang bisa diberikan kepada bangsa. Hubungan timbal-balik antara warga dan partai menjadi sangat penting guna menimbulkan perasaan saling menjaga, memiliki dan membesarkan. (Red)

Tidak ada komentar :