Social Icons

Bersiaplah Untuk Berjuang

Bersiaplah Untuk Berjuang

Oleh : NM Farida

SUDAH menjadi kebiasaan setiap orang yang hendak mengikuti sebuah pesta, tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya. Apalagi bila pesta itu dilombakan untuk mencari dan memilih yang terbaik. Sudah barang tentu setiap peserta lomba harus menampilkan yang terbaik bila ingin menjadi pemenang dalam lomba itu.

Tidak mengherankan atau sudah lazim terdengar di telinga kita bila ada upaya-upaya kecurangan agar tercapai menjadi pemenang. Kalau lomba atau kontes itu sebatas lomba busana atau lomba masakan mungkin tidak terlalu berpengaruh besar apabila ada kecurangan. Akan tetapi bila lomba atau kontes tersebut menyangkut pemilihan Presiden atau Kepala Negara tentulah sangat riskan dan fatal akibatnya apabila ada upaya-upaya kecurangan, dampaknya terhadap seluruh rakyat yang akan dipimpin.

Karena pesta atau ajang perjuangan yang sebenarnya itu sudah di depan mata, maka kita sudah harus mempersiapkan segala sesuatunya. Maksudnya supaya tidak mengalami ketertinggalan sehingga kemenangan ada di genggaman tangan kita. Pasanglah mat, telinga dan hati kita untuk merasakan apa saja yang terjadi di sekitar kita. Begitu juga jika kita hendak melangkah, harus dipikirkan dengan sebaik-baiknya dan jangan terburu-buru guna menghindari jalan yang terperosok.

Metode kerja instan sangatlah berbahaya dan

akibatnya sangat merugikan, selain tidak matang dan tidak tepat sasaran. Persiapan dan pemahaman ideologi sangatlah penting sebelum melakukan tindakan dalam melaksanakan tugas. Pembentukan mental dan karakteristik adalah modal utama sebuah organisasi. Mental dan karakteristik yang kokoh serta terarah akan menciptapkan moralitas poloitik yang tinggi dan bertanggung jawab.

Selain itu emosional harus dikelola dengan baik, karena bagaimanapun juga, emosional adalah sumber dari semangat. Termasuk dalam hal ini rasa emosional satu sama lain dapat membangun solidaritas diantara sesama pejuang dengan sikap saling terbuka dan tidak saling mengkhianati. Artinya kejujuran dan keihklasan menjadi sesuatu yang tidak dapat diabaikan.

Sedikit bicara banyak bekerja adalah mitos kuno yang harus diperbaharui, karena hanya membuat banyak orang bertanya-tanya. Seharusnya adalah banyak bicara serta harus banyak bekerja supaya masyarakat dapat melihat lebih utuh lagi tentang kita.

Baik itu belum tentulah tentu jujur, akan tetapi kejujuran bersumber dari kebaikan. Kepalsuan harus dilawan dengan kemurnian hati dalam berjuang. Oleh karenany songsonglah ajang perjuangan yang sudah berjalan ini dan mencapai klimaksnya. Kibarkan panji-panji perjuangan. (Red)

Penulis:

Ketua Ranting PDI Perjuangan

Kelurahan Cibubur, Ciracas

Tidak ada komentar :