Social Icons

Forum Rakyat Peduli Kesehatan


ORGANISASI RAKYAT

Forum Rakyat Peduli Kesehatan

BERGERAK karena adanya ketidakadilan dalam bidang pelayanan kesehatan yang dirasakan masyarakat, beberapa organisasi kemasyarakatan bersama tokoh perorangan warga masyarakat berkumpul untuk menyatukan persepsi. Itulah kira-kira cikal bakal terbentuknya Forum Rakyat Perjuangan Kesehatan (FRPK) pada tanggal 22 Januari 2005.

Bertempat di kantor kelurahan Gedong, Pasar Rebo Jakarta Timur, beberapa elemen diantaranya, Serikat Karyawan RSUD Pasar Rebo, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Pengurus Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Gedong, Dewan Kelurahan Gedong, Forum Betawi Rempuk, Pemuda Demokrat Indonesia Jakarta Timur, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Front Mahasiswa Nasional (FMN), Serikat Pengacara Progresif, Forum Warga Pasar Rebo, dll. Untuk Kordinator Umum dipilihlah Anis Saduk dengan masa jabatan sesuai dengan jalannya kesepakatan forum per bulan.

Perdebatan yang terjadi di awal forum tersebut adalah perihal keberadaan Peraturan Daerah (PERDA) No. 13, 14 dan 15 Tahun 2004 Provinsi DKI Jakarta tentang pengalihan pengelolaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji, Cengkareng dan Pasar Rebo, dari pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke pihak swasta yang berdampak harga pelayanan kesehatan semakin tinggi. Hal ini dianggap sebagai penyelewengan terhadap fungsi RSUD sebagai RS yang melayani masyarakat dengan harga terjangkau. Berbagai aksi dilakukan, dari gugatan melalui Komisi IX DPR RI, diskusi publik, konferensi pers, gugatan hukum maupun demonstrasi massal. Akhirnya pada tahun 2006 telah mencapai tahapan perjuangan yang berhasil dengan dicabutnbya 3 Perda tersebut oleh DPRD Provinsi DKI Jakarta.

“Rakyat berhak atas pelayanan kesehatan yang terjangkau” begitulah Anis Saduk, sang kordinator berucap. Saat ini FRPK tetap konsisten melakukan advokasi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak terhadap rakyat. (Red)

Tidak ada komentar :