Social Icons

Sanggar Tari Mutiara Indah



ORGANISASI RAKYAT

Sanggar Tari Mutiara Indah

BERDIRI sejak tahun 1999, berawal dari latihan tari kecil-kecilan para anak-anak dan remaja. Di suatu sudut daerah Utan Kayu Utara, tiap sore dan malam terdengar sayup lagu-lagu daerah yang mengiringi latihan menari tradional. Ada tarian Aceh, Minang, Palembang, Betawi, Bali, Jawa, Papua, dll.

“Anak-anak lebih mudah dibentuk cara menarinya dan sekaligus membentuk watak cinta budaya tanah airnya” ujar Mbak Shinta, salah satu pengasuh sanggar yang juga berperan sebagai pelatih tari. Saya memang dari kecil sudah menari karena mewarisi bakat orang tua, awalnya hanya untuk kepentingan pentas saja, tetapi lama kelamaan banyak yang minta belajar, jadilah didirikan Sanggar Tari Mutiara Indah, tambahnya di suatu kesempatan.

Saat ini Sanggar Tari Mutiara Indah telah mengisi banyak pentas tarian tradional di berbagai event, baik di Jakarta maupun di daerah-daerah termasuk melatih di berbagai tempat, dari tempat sekolahan maupun privat. Sedangkan sebagai home basenya tetap di Utan Kayu Utara. Ditengah gemerlapnya budaya asing yang merasuki para anak-anak dan remaja di Indonesia, maka kegiatan tarian tradional dapat menjadi benteng pertahanan untuk menjaga nilai-nilai budaya lokal.

Kegiatan PDI Perjuangan yang pernah diikuti berawal dari Forum Perjuangan Kader 1996 di Gedung Youth Center pada tahun 2002 dengan isi acara silaturahmi kader dan peringatan Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945. Sanggar Tari Mutiara Indah ini sendiri berada dibawah naungan Yayasan Mutiara Indah yang selama ini konsen dalam dunia pendidikan Taman Kanak-Kanak sejak tahun 1984. Selain itu ada juga berbagai program seperti pelatihan, kajian, penerbitan buku, dll. (Red)

Tidak ada komentar :